Hadi Maryadi Berbagi

September 19, 2010

Generasi Musik Islami

Filed under: Want to know? — hadidokterseo @ 11:35 am
Tags: , , , , , , ,

Foto diatas adalah foto tim Nasyid Saya pada saat saya SMA. Namanya “Hizbullah” artinya Tentara Allah, lalu ganti nama jadi “Deltavoice” (Deretan Lagu Tausiyah Voice). Ga terlalu jelas kenapa diganti, mungkin karena namanya terlalu “berat”. hehe.

Nasyid, apaan tuh? buat kawan-kawan yang blum tahu nasyid, nasyid adalah semacam senandung islami. pada awalnya nasyid tercipta dengan tujuan untuk memberikan dan menjaga semangat para pejuang islam pada masa kerasulan/kekhalifahan. Biasanya, para komandan perang menyemangati prajurit-prajuritnya dengan alunan dan lirik yang tentu saja membakar semangat. Nah nasyid yang seperti itu bergenre Haroki/harokah. Nasyid haroki mengandalkan harmonisasi dan semangat. Saat ini sudah banyak ditambahkan dengan tabuhan drum dan beberapa effect lainnya.

Saat ini telah banyak nasyid berkembang dengan aliran-aliran yang beragam. misalnya acapella (musik mulut), nasyid perkusi (alat musik perkusi), dsb. Masyarakat umum lebih mudah menerima dan menikmati nasyid dengan genre Acapella karena keunikannya dan liriknya yang tidak terlalu eksklusif (umum). Tapi yang aslinya ya yang Haroki itu. Namun sebagian muslim menganggap bahwa nasyid-nasyid dengan alat musik adalah bukan nasyid. Alasannya karena alat musik yang menghasilkan lebih dari satu suara adalah haram dimainkan. Allahu alam.

Mau cerita sedikit pengalaman Saya. Alhamdulillah hobby saya menyanyi bisa saya salurkan di tim ini (waktu SMA dan beberapa tahun berikutnya). Ikut-ikut lomba terus juara, wah senangnya…:D  Ada undangan nikahan/acara biasanya dikasih ongkos Alhamdulillah…:)  Sayapun sempat membuat Grup Nasyid GIR (Generasi Islam Rabbani) di kampus saya. Nama GIR sedikit nyangkut-nyangkutin sama jurusan kita, Teknik Mesin. Saya berharap suatu saat generasi musik islam ini dapat muncul sebagai sosok yang dipandang masyarakat sehingga Nasyid bisa membumi. Karena jika kawan-kawan perhatikan, banyak Nasyid-nasyid yang jauh lebih menarik dan bermakna daripada musik-musik asal-asalan saat ini.

3 Komentar »

  1. waaaaaahhhh kayaknya to smua penuh dengan semangat………….

    Komentar oleh MENONE — September 19, 2010 @ 12:15 pm | Balas

  2. hehehe, mudah2n semangatnya terus terjaga…

    Komentar oleh hadimaryadi — September 19, 2010 @ 1:11 pm | Balas

  3. sampai kapanpun kamu akan tetap sama seperti dulu terutama bagiku… sukses terus🙂

    Komentar oleh someone — Januari 18, 2012 @ 9:24 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: