Hadi Maryadi Berbagi

September 21, 2010

Pengenalan Rapid Prototyping

Filed under: Edukasi,Want to know? — hadidokterseo @ 2:21 pm
Tags: , , , ,

Rapid Prototyping (RP) dapat didefinisikan sebagai metode-metode yang digunakan untuk membuat model berskala (prototipe) dari mulai bagian suatu produk (part) ataupun rakitan produk (assembly) secara cepat dengan menggunakan data Computer Aided Design (CAD) tiga dimensi. Rapid Prototyping memungkinkan visualisasi suatu gambar tiga dimensi menjadi benda tiga dimensi asli yang mempunyai volume. Selain itu produk-produk rapid prototyping juga dapat digunakan untuk menguji suatu part tertentu. Metode RP pertama ditemukan pada tahun 1986 di California, USA yaitu dengan metode Stereolithography. Setelah penemuan metode tersebut berkembanglah berbagai metode lainnya yang memungkinkan pembuatan prototipe dapat dilakukan secara cepat.

Saat ini, pembuatan prototipe menjadi syarat tersendiri pada beberapa perusahaan dalam upaya penyempurnaan produknya. Beberapa alasan mengapa rapid prototyping sangat berguna dan diperlukan dalam dunia industri adalah:

  • Meningkatkan efektifitas komunikasi di lingkungan industri atau dengan konsumen.
  • Mengurangi kesalahan-kesalahan produksi yang mengakibatkan membengkaknya biaya produksi.
  • Mengurangi waktu pengembangan produk.
  • Meminimalisasi perubahan-perubahan mendasar.
  • Memperpanjang jangka pakai produk misalnya dengan menambahkan beberapa komponen fitur atau mengurangi fitur-fitur yang tidak diperlukan dalam desain.

Rapid Prototyping mengurangi waktu pengembangan produk dengan memberikan kesempatan-kesempatan untuk koreksi terlebih dahulu terhadap produk yang dibuat (prototipe). Dengan menganalisa prototipe, insinyur dapat mengkoreksi beberapa kesalahan atau ketidaksesuaian dalam desain ataupun memberikan sentuhan-sentuhan engineering dalam penyempurnaan produknya. Saat ini tren yang sedang berkembang dalam dunia industri adalah pengembangan variasi dari produk, peningkatan kompleksitas produk, produk umur pakai pendek, dan usaha penurunan biaya produksi dan waktu pengiriman. Rapid prototyping meningkatkan pengembangan produk dengan memungkinkannya komunikasi yang lebih efektif dalam lingkungan industri.

Beberapa metode Rapid Prototyping yang berkembang saat ini adalah:

1.      Stereolithography (SLA)

2.      Selective Laser Sintering (SLS)

3.      Laminated Object Manufacturing (LOM)

4.      Fused Depsition Modelling (FDM)

5.      Solid Ground Curing (SGC)

Untuk penjelasan masing-masingnya coming soon ya :). Ini adalah bagian dari BAB II skripsi saya lho tentang Mesin Fused Deposition Modelling (FDM) salah satu metode RP diatas. Kalau sidang skripsi saya selesai, saya jelasin satu persatu. Soalnya emang susah cari yang Bahasa Indonesia (lebih mudah dimengerti). Mudah-mudahan bermanfaat. 🙂

2 Komentar »

  1. Salam kenal,

    Akhirnya saya menemukan konkret seseorang yang mempunyai interes yang sama mengenai additive rapir prototyping. Sejak tahun 2005 saya mempunyai usaha jasa RP Service. Pada saat itu kami memulai dengan menggunakan mesin ZCorp Fullcolor Z406. Dalam 3 tahun terakhir ini kami perluas support dengan menggunakan metode dan material lain seperti FDM dan SLS.

    Melihat perkembangan permintaan pasar 3 tahun terakhir terhadap service RP ambisi saya semakin besar untuk membangun usaha yang berfokus pada additive manufacturing. Keyakinan akan pertumbuhan pesat shortterm! Semoga saya akan segera mendapatkan rekan bisnis demi kemajuan rapid product develpoment di Indonesia!!

    BTW, kami sednag mempersiapkan seminar sehari mengenai additive RP. Acara dijadwalkan pada akhir juli atau awal agustus. Kemungkinan besar tempatnya antara Jakarta-Cikarang-Bandung. Pembicaranya diantaranya adalah mereka yang menyelesaikan studi di eropa engineering, post graduate dan PhD yang tesisnya mengenai Rapid Prototyping dan Manufacturing. Pada event ini akan dihadirkan pula satu mesin baru dari salah satu world leader 3D Printer. Semoga semua persiapan akan lancar dan pihak bea cukai tidak akan mempersulit urusan import mesin tersebut!!

    Salam sukses!!

    Komentar oleh Kiky Hendarin — Juni 5, 2011 @ 10:23 am | Balas

  2. Boz bisa minta penjelasan lanjut tentang rapid prototyping, syukur2 bisa diemail skripsinya (bab2 jg boleh)…(r0003ly@yahoo.co.id) -nol bukan “O”
    ada ada kegiatan yang berkaitan dengan rapid prototyping.
    Menunggu dan berharap…

    tks sebelumnya
    ruli

    Komentar oleh ruli — Mei 11, 2012 @ 1:46 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.